Implementasi Model Penyajian Makanan Ketegak dan Ketegak Agung di Desa Wisata Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan

  • I Putu Astawa Politeknik Negeri Bali
  • Tjokorda Gde Raka Sukawati Universitas Udayana
  • I Nyoman Suamir Politeknik Negeri Bali
  • Cening Ardina Politeknik Negeri Bali

Abstract

Salah satu strategi yang diperlukan dalam memenangkan persaingan adalah menciptakan inovasi-inovasi. Salah satu inovasi yang telah dibuat dalam mengolah dan menyajikan makanan kepada wisatawan adalah ketegak dan ketegak agung. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap implementasi inovasi penyajian makanan oleh kelompok sadarwisata kepada wisatawan dan memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas makanan. Metode pada penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu pertama melakukan pelatihan dan tahap kedua adalah penerapan teknologi yang disertai dengan analisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penggunaan sampel jenuh sebanyak 6 orang sesuai dengan jumlah pengurus di bidang kuliner. Hasil kajian menjelaskan bahwa peningkatan keterampilan dalam pengolahan dan penyajian makanan dapat meningkatkan pendapatan kelompok sadar wisata dan menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Hasil ini memberikan implikasi terhadap manajemen
strategi dalam memenangkan persaingan dan juga memberikan motivasi kepada pengelola wisata bahwa nilai budaya di bidang makanan dapat sebagai daya tarik membangun desa wisata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 7, 2021
How to Cite
ASTAWA, I Putu et al. Implementasi Model Penyajian Makanan Ketegak dan Ketegak Agung di Desa Wisata Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 47 - 52, may 2021. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/2043>. Date accessed: 29 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.31940/bp.v7i1.2043.
Section
Articles