Optimalisasi Pengelolaan dan Pengolahan Sampah Terpadu dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Lingkungan Masyarakat Desa Ciampea Udik Kabupaten Bogor

  • Iis Mariam Politeknik Negeri Jakarta
  • Nining Latianingsih Politeknik Negeri Jakarta
  • Sri Danaryani Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

Program sosialisasi penerapan teknologi tepat guna untuk pengolahan sampah di desa Ciampea Udik, BogorĀ  dengan potensi alamnya yang indah merupakan salah satu kelebihan menjadi desa wisata. Masalah yang muncul adalah belum adanya pemanfaatan potensi desa wisata dan pengolahan sampah. Tujuan kegiatan ini adalah dapat mengintegrasikan pengelolaan potensi desa melalui pengelolaan sampah, terbentuknya kader lingkungan dan bank sampah. Kegiatan dilakukan melalui pelatihan pemilahan dan pengolahan sampah, pembentukan bank sampah, pembentukan kelompok kader lingkungan, pencatatan akuntansi keuangan. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah, diskusi serta praktek pengolahan sampah dan kerajinan dari sampah plastik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa animo masyarakat di Kebon Kopi, Desa Ciampea Udik, Bogor merespon sangat tinggi dalam pembentukan kader lingkungan, pemanfaatan sampah plastik menjadi produk kerajinan dan terbentuknya bank sampah. Untuk menjamin keberlangsungan program sosialisasi produk kepada masyarakat dilakukan pendampingan secara terjadwal sehingga program pengelolaan lingkungan dan pengelolaan sampah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 7, 2021
How to Cite
MARIAM, Iis; LATIANINGSIH, Nining; DANARYANI, Sri. Optimalisasi Pengelolaan dan Pengolahan Sampah Terpadu dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Lingkungan Masyarakat Desa Ciampea Udik Kabupaten Bogor. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 24 - 31, may 2021. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/2431>. Date accessed: 29 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.31940/bp.v7i1.2431.
Section
Articles