Peran Ambideksteritas Pembelajaran Sebagai Pemediasi Pada Hubungan Kapabilitas Berpikir Desain Terhadap Kapabilitas Inovasi: Studi Pada Perusahaan Startup

  • Muhammad Nur Fietroh Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ika Fitriyani Universitas Samawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kapabilitas berpikir desain terhadap ambideksteritas pembelajaran, kemudian menguji pengaruh ambideksteritas pembelajaran terhadap kapabilitas inovasi perusahaan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh ambideksteritas pembelajaran pada kapabilitas berpikir desain dan kapabilitas inovasi perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada 164 perusahaan start-up di Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kota lainnya. Hasil temuan penelitian mengkonfirmasi teori pandangan berbasis pengetahuan dan teori pembelajaran organisasi. Secara empiris menunjukkan bahwa kapabilitas berpikir desain berpengaruh positif signifikan pada ambideksteritas pembelajaran, ambideksteritas pembelajaran berpengaruh positif signifikan pada kapabilitas inovasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan juga bahwa ambideksteritas pembelajaran memiliki pengaruh mediasi parsial pada kapabilitas berpikir desain dan kapabilitas inovasi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 23, 2021
How to Cite
FIETROH, Muhammad Nur; FITRIYANI, Ika. Peran Ambideksteritas Pembelajaran Sebagai Pemediasi Pada Hubungan Kapabilitas Berpikir Desain Terhadap Kapabilitas Inovasi: Studi Pada Perusahaan Startup. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 118-134, july 2021. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/2407>. Date accessed: 29 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v17i2.2407.