Efektivitas Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Bali Dalam Mengkomunikasikan CSR

  • Putu Ambaryani Putri National Chin-Yi University of Technology
  • Kadek Dwi Cahaya Putra Politeknik Negeri Bali
  • I Made Widiantara Politeknik Negeri Bali
  • Nyoman Indah Kusuma Dewi Politeknik Negeri Bali

Abstract

Hubungan Masyarakat (Humas) berperan sangat penting dalam suatu perusahaan untuk menciptakan hubungan baik dengan stakeholders khususnya melalui program CSR. Keberhasilan CSR perlu didukung oleh strategi komunikasi yang efektif dan efisien sebagai tanggung jawab dari Humas. Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen tinggi dalam melaksanakan CSR, PT Angkasa Pura I Bali berusaha memaksimalkan fungsi dan tugas Humas dalam mengkomunikasikan CSR kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas humas dalam mengkomunikasikan CSR dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan dengan metode deskriptif kualitatif dan statistika deskriptif dimana efektifitas humas diukur dengan komponen 7C (Credibility, Content, Context, Clarity, Continuity and Consistency, Channel, dan Capability). Data dikumpulkan dengan wawancara semi terstruktur dan kuesioner yang disebarkan ke 30 pelaku UMKM penerima CSR perusahaan di kota Denpasar dan kabupaten Badung. Penelitian menunjukkan bahwa humas perusahaan telah efektif dalam mengkomunikasikan CSR namun masih memerlukan improvisasi pada komponen Channel dan Continuity and Consistency.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 23, 2021
How to Cite
PUTRI, Putu Ambaryani et al. Efektivitas Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Bali Dalam Mengkomunikasikan CSR. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 158-165, july 2021. ISSN 2580-5614. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/2610>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v17i2.2610.