ANALISIS KINERJA BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE EARNED VALUE PADA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM ARI CANTI UBUD MAS

  • I Made Budiadi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Sutapa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bali

Abstract

Aricanti merupakan salah satu rumah sakit yang mendukung perkembangan obyek wisata di daerah ubud yang selalu ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat  dan para wisatawan yang berkunjung di wilayah tersebut. Hal itu di wujudkan dengan melakukan peningkatan dan perbaikan sarana dan prasarana rumah sakit, diantaranya adalah mengembangkan pembangunan rumah sakit dengan penambahan gedung baru berlantai empat dengan luasan bangunan adalah 7.624 M2.Dalam pelaksanaannya proyek tersebut dikerjakan selama 365 hari kalender dengan nilai kontrak sebesar 20.295.000.000.


Salah satu tahapan yang terpenting dalam pengelolaan proyek adalah evaluasi secara periodik dan salah satu indikator yang dapat digunakan untuk menilai kemajuan prestasi kerja adalah fungsi waktu terhadap pengeluaran biaya pelaksanaan proyek, salah satu metode untuk melakukan analisis fungsi waktu terhadap pengeluaran biaya adalah metode nilai hasil (earned Value).


Hasil analisis menunjukkan bahwa dari penelitian ini didapat adalah :



  1. Berdasarkan analisis BCWS, BCWP dan ACWP :Minggu 1s/d14,dan minggu 18 s/d 28diperoleh nilai BCWP berada di atas nilai BCWS dan diatas nilai ACWP (BCWS < BCWP > ACWP) yang artinya proyek sesuai jadwal dan biayanya di bawah anggaran.

  2. Berdasarkan analisis nilai CV dan SV : Minggu3s/d34 diperoleh nilai CV = + dan SV = + yang artinya biaya yang telah dikeluarkan lebih kecil dari anggaran yang direncanakan dan bobot prestasi pekerjaan lebih tinggi dari target yang direncanakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 22, 2017
How to Cite
BUDIADI, I Made; SUTAPA, I Nyoman. ANALISIS KINERJA BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE EARNED VALUE PADA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM ARI CANTI UBUD MAS. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 64, feb. 2017. ISSN 2580-5649. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/148>. Date accessed: 05 july 2022.
Section
Articles