PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTEK PENGUJIAN BAHAN DAN METROLOGI BERBASIS SKKNI BIDANG LOGAM DAN MESIN UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALI

  • I Komang Rusmariadi Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar dalam bentuk jobsheet ini, dilakukan dua tahapan, tahapan pertama dilaksanakan tahun 2014 telah menghasilkan draf jobsheet, dan tahapan  kedua dilaksanakan tahun 2015 dengan tujuan untuk mengetahui: 1) hasil penilaian ahli, dosen dan mahasiswa, 2) kendala-kendala selama uji coba, dan 3) kelayakan draf jobsheet sebagai bahan ajar praktik. Penelitian menggunakan model pengembangan Dick & Carey, pada tahap review dan uji coba penelitian melibatkan 2 orang ahli,  6 orang dosen pengampu mata kuliah, dan 26 orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin. Data diperoleh dengan menggunakan angket tertutup dan terbuka. Data yang terkumpul berupa tanggapan dan saran perbaikan dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data yang merupakan hasil penilaian terhadap jobsheet terpadu dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian menyatakan: 1) uji ahli isi sangat layak; ahli desain/media sangat layak; perorangan sangat layak; kelompok kecil sangat layak; dan uji lapangan dari mahasiswa dan dosen menyatakan layak dan sangat layak. 2) komponen yang perlu direvisi dari seluruh hasil uji ahli isi dan desain pembelajaran hingga uji lapangan adalah :  komponen pendahuluan diantaranya mencakup rumusan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran ; istilah batas luluh dan batas lumer sebaiknya dipilih salah satu dan konsisten; komponen tes disesuaikan dengan indikator pembelajaran; isi rangkuman sebaiknya lebih berorientasi pada materi;  komponen operation sheet perlu ditambahkan gambar-gambar nyata; standar bahan yang diuji disesuaikan dengan praktik, penyusunan jobsheet dibuat semenarik mungkin sehingga mampu menarik motivasi belajar mahasiswa; contoh soal-soal tes diperbanyak. Berdasarkan data hasil pengujian dan analisis tersebut di atas draf  bahan ajar dapat dinyatakan layak sebagai bahan ajar praktik.  Penelitian ini hanya sampai pada tahap evaluasi formatif pada Jobsheet Praktik Pengujian Bahan dan Metrologi, diharapkan lakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektifitasnya dalam upaya meningkatakan kompetensi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 23, 2017
How to Cite
RUSMARIADI, I Komang. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTEK PENGUJIAN BAHAN DAN METROLOGI BERBASIS SKKNI BIDANG LOGAM DAN MESIN UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALI. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 80, feb. 2017. ISSN 2580-5649. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/160>. Date accessed: 04 july 2022.
Section
Articles