ANALISIS KETINGGIAN RAGUM TERHADAP BEBAN KERJA MAHASISWA PRAKTEK KERJA BANGKU DI BENGKEL TEKNOLOGI MEKANIK POLITEKNIK NEGERI BALI

  • I Nyoman Sutarma Politeknik Negeri Bali

Abstract

Kerja bangku (benchwork) adalah aktivitas kerja yang dilakukan dengan tenaga dan keahlian dari manusia di meja kerja Pengikiran benda kerja dilakukan oleh mahasiswa dengan sikap berdiri tangan kanan memegan kikir dengan menggerakkan maju dan mundur di atas permukaan benda kerja. Tinggi siku lebih rendah dari meja kaeja, hal ini menyebabkan tenaga yang digunakan cukup besar dan menyebabkan peningkatan beban kerja pada mahasiswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinggi ragum terhadap beban kerja. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan sama subjek (treatment by subjects desing). Data dianalisis dengan t-test dengan taraf signifikan p<0,005. Hasil analisis menunjukkan sebelum mengunakan landasan (PO) rata-rata beban kerja = 102,2 denyut permenit dan setelah mengunakan landasan (P1) rerata beban kerja = 93,5 denyut permenit. Disimpulkan bahwa dengan penggunaan landasan dapat menurunkan beban kerja pada mahasiswa. Disarankan kepada pengambil kebijakan agar memperhatikan kondisi alat dan fasilitas praktek untuk memberi kenyamanan, keamanan dan kesehatan pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 27, 2017
How to Cite
SUTARMA, I Nyoman. ANALISIS KETINGGIAN RAGUM TERHADAP BEBAN KERJA MAHASISWA PRAKTEK KERJA BANGKU DI BENGKEL TEKNOLOGI MEKANIK POLITEKNIK NEGERI BALI. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 82, feb. 2017. ISSN 2580-5649. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/323>. Date accessed: 04 july 2022.
Section
Articles