USULAN PERANCANGAN ALAT PENGERING IRISAN JAJAN ULI YANG ERGONOMIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PADA PERAJIN JAJAN ULI DI DESA SURODADI KABUPATEN TABANAN, BALI

  • I Nyoman Sutarna Politeknik Negeri Bali

Abstract

Pengeringan adalah proses pemindahan panas dan uap air yang memerlukan energi untuk menguapkan kandungan air yang dipindahkan dari permukaan bahan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis rancangan alat pengering jajan uli yang ergonomis sesuai dengan antropometri tubuh perajin jajan uli. Pengeringan jajan uli masih dilakukan secara tradisional dengan menjemur di bawah sinar matahari. Apabila kondisi cuaca bagus maka pengeringan merlukan waktu satu hari, apabila musin hujan pengeringan dilakukan di atas tungku api dapur yang memerlukan waktu dua sampai dengan tiga hari, dapat menyebabkan jajan uli berwarna kusam dan bau asap. Kurang optimalnya pengeringan dapat menyebabkan irisan jajan uli cepat berjamur. Dengan demikian, dapat menjadi perhatian dalam melakukan perancangan alat pengering jajan uli yang ergonomis. Disimpulkan bahwa dengan memperhatikan proses aktivitas perajin, dapat diusulkan perancangan alat pengering jajan uli yang ergonomis untuk mempermudah proses pengeringan irisan jajan uli. Disarankan kepada perencana suatu peralatan atau alat agar memperhatikan pengguna dari alat tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2017
How to Cite
SUTARNA, I Nyoman. USULAN PERANCANGAN ALAT PENGERING IRISAN JAJAN ULI YANG ERGONOMIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PADA PERAJIN JAJAN ULI DI DESA SURODADI KABUPATEN TABANAN, BALI. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 14, n. 3, p. 207, mar. 2017. ISSN 2580-5649. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/355>. Date accessed: 20 may 2022.
Section
Articles