PEMANFAATAN RESIRKULATOR GAS BUANG UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR EMPAT LANGKAH
Abstract
EGR (Exhaust Gas Recirculation) sebagai salah satu rekayasa teknologi pada gas buang
kendaraan bermotor baik bensin maupun diesel telah lama diaplikasikan. Cara ini meresirkulasikan
sejumlah tertentu gas buang masuk ke intakemanifold untuk menurunkan suhu pembakaran di
ruang bakar, salah satunya untuk menekan timbulnya NOx. Kegiatan penelitian ini juga berfokus
pada resirkulasi gas buang, tetapi hanya di daerah saluran buang saja, dan ditujukan untuk
meningkatkan performa mesin. Unjuk kerja mesin sepeda motor empat langkah dalam penelitian
ini diperoleh dengan uji dynamometer, dengan memperbandingkan hasil uji antara mesin dengan
knalpot tanpa ResirkulatorGas Buang dan mesin dengan knalpot yang dilengkapi dengan
Resirkulator Gas Buang. Dari hasil uji yang dilakukan dalam penelitian ini, telah dapat dilihat
adanya peningkatan unjuk kerja mesin ketikaresirkulator gas buang dipergunakan. Dalam
penelitian ini,pada putar tertingginya, terdapat peningkatan daya yang dihasilkan sebesar5,75 %
dan torsi meningkat sebesar 4 %. Ini berarti bahwa penggunaan resirkulator dengan knalpot jenis
ini cocok untuk kecepatan tinggi.