ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN TRANSFORMATOR SISIPAN DAN UPRATING TRANSFORMATOR DALAM MENANGGULANGI DROP TEGANGAN PADA GARDU DISTRIBUSI KA 0819 PENYULANG MUMBUL

  • I Made Aryasa Wiryawan Politeknik Negeri Bali
  • I Putu Sutawinaya Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Ryan Sutrawan Politeknik Negeri Bali

Abstract

Transformator distribusi berfungsi untuk mentransformasikan energi listrik dari sumber listrik ke pelanggan. PT PLN (Persero) sebagai perusahaan pengelola sistem tenaga listrik selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.Untuk tetap dapat menjaga kualitas, maka keandalan sistem distribusi harus selalu terjaga dengan baik.Agar sistem distribusi tetap andal, maka prosentase pembebanan pada transformator distribusi tersebut jangan sampai melebihi ketentuan yaitu 80% dari bebannya. Begitu juga dengan drop tegangan di sisi pelanggan tidak lebih dari 10%. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan data pengukuran dan hasil simulasi ETAP, diketahui terjadi kenaikan pembebanan pada transformator KA 0819 secara berkala. Begitu juga terjadi drop tegangan di sisi pelanggan paling ujung yang relatif besar, yaitu sebesar 14,77%. Untuk dapat memperbaiki kondisi seperti ini, dibandingkan dua cara yaitu dengan peningkatan kapasitas (uprating) transformator dan penambahan transformator sisipan. Harapannya agar keandalan dan kontinyuitas penyaluran energi listrik di lokasi tersebut tetap terjaga dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 21, 2017
How to Cite
WIRYAWAN, I Made Aryasa; SUTAWINAYA, I Putu; SUTRAWAN, I Wayan Ryan. ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN TRANSFORMATOR SISIPAN DAN UPRATING TRANSFORMATOR DALAM MENANGGULANGI DROP TEGANGAN PADA GARDU DISTRIBUSI KA 0819 PENYULANG MUMBUL. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 159, mar. 2017. ISSN 2580-5649. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/493>. Date accessed: 26 may 2022.
Section
Articles