ANALISIS PENYEBAB PENYIMPANGAN UKURAN PADA PROSES PENEKUKAN PELAT OLEH MAHASISWA DI BENGKEL TEKNOLOGI MEKANIK POLITEKNIK NEGERI BALI

  • I Nyoman Sutarna Politeknik Negeri Bali

Abstract

Kerja pelat adalah proses pengolahan atau pembentukan logam lembaran menjadi suatu hasil kerja industri. Faktor-faktor yang mempengaruhi  penyimpangan ukuran terhadap hasil kerja yang dihasilkan adalah: penandaan,   peralatan,  sumber daya manusia,  kondisi lingkungan,  organisasi kerja dan kondisi alat tekuk pelat. Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui berapa besar perbedaan penyimpangan hasil kerja dari kedua  jenis perlakuan. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen yaitu dengan mengamatan langsung pada mahasiswa dalam melakukan proses penekukan  pelat. Data yang diperoleh dianalisis dengan  paired sample T- test  dengan   taraf    signifikan p < 0,005. Hasil analisis menunjukkan bahwa menggunakan alat tekuk yang kurang baik  sebesar 82,22 dan  alat tekuk yang baik sebesar 80,24, ada perbedaan sebesar 1,98. Kesimpulannya bahwa  dengan alat tekuk yang baik  hasil kerjanya lebih teliti. Disarankan pada kondisi alat tekuk yang kurang baik, sebelum mahasiswa melakukan proses penekukan pelat mahasiswa diberi tahu bagian alat tekuk yang baik,  untuk menghasilkan hasil kerja yang teliti dan berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 21, 2017
How to Cite
SUTARNA, I Nyoman. ANALISIS PENYEBAB PENYIMPANGAN UKURAN PADA PROSES PENEKUKAN PELAT OLEH MAHASISWA DI BENGKEL TEKNOLOGI MEKANIK POLITEKNIK NEGERI BALI. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 182, mar. 2017. ISSN 2580-5649. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/497>. Date accessed: 20 may 2022.
Section
Articles