Model Pembelajaran Problem-Based pada Mata Kuliah English for Food and Beverage Operation

  • I Nyoman Kanca Politeknik Negeri Bali
  • Gede Ginaya Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Sadia Politeknik Negeri Bali

Abstract

Paradigma pembelajaran abad 21 menitik beratkan pada beberapa kemampuan yang salah satunya adalah kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis, menghubungkan ilmu dengan dunia nyata melalui pemecahan masalah (problem solving).  Oleh karena itu, diperlukan penyampaian materi yang berbasis masalah dengan memberikan berbagai masalah, pertanyaan, dan menfasilitasi investigasi dan dialog. Proses pembelajaran diarahkan agar mahasiswa mampu menyelesaikan masalah secara sistematis dan logis.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah English for Food and Beverage Operation untuk mahasiswa semester 2 Program Studi Perhotelan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini bersifat deskriptif kualitatif yang datanya dikumpulkan melalui dua siklus pembelajaran dengan langkah-langkah perencanaan, pemberian tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah untuk mahasiswa semester 2 Program Studi Perhotelan dalam mata kuliah English for Food and Beverage Operation dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa. Peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa tersebut juga didukung dengan peningkatan motivasi belajar mahasiswa yang ditunjukkan dengan aktif berfikir, berkomunikasi, mencari dan mengolah data serta menyimpulkannya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 9, 2019
How to Cite
KANCA, I Nyoman; GINAYA, Gede; SADIA, I Ketut. Model Pembelajaran Problem-Based pada Mata Kuliah English for Food and Beverage Operation. Proceedings, [S.l.], p. 45-53, oct. 2019. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1502>. Date accessed: 20 apr. 2024.