ANALISIS PENGGUNAAN KOSA KATA DAN KALIMAT EFEKTIF DALAM KARYA TULIS MAHASISWA JURUSAN PARIWISATA, POLITEKNIK NEGERI BALI

  • I Gusti Putu Sutarma Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Jendra Politeknik Negeri Bali

Abstract

Karya tulis ilmiah mahasiswa Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali seharusnya mengikuti kriteria karya tulis ilmiah yang benar, yairtu: materinya logis, sistematikanya sistematis, dan bahasanya lugas. Logis artinya materi karya tulis ilmiah harus berupa fakta, sehingga bisa diuji kebenarannya; sistematis artinya tatacara penulilasannya runut; dan lugas artinya bahasa Indonesia yang digunakan harus mudah dipahami dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku. Akan tetapi, dari segi penggunaan bahasa belum memenuhi kriteria kelugasan. Masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan bahasa khususnya bahasa Indonesia di dalamnya. Oleh karena itu, fenomena kebahasaan ini menarik untuk diteliti khususnya dari segi penggunaan kosa kata dan kalimat efektif. Tujuannya, untuk mendeskripsikan penggunaan kosa kata dan kalimat efektif dalam karya tulis ilmiah mahasiswa Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan fokus penggambaran secara menyeluruh penggunaan kosa kata dan kalimat efektif dalam karya tulis ilmiah mahasiswa Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali. Data penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan metode simak dengan bantuan teknik catat. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan metode agih kemudian hasilnya disajikan dengan metode formal dan informal.Sebagai landasan pijakan, penelitian ini menggunakan teori Sosiolinguistik Terapan dan Teori Struktural serta konsep-konsep terkait. Hasil penelitian ini mendapatkan: (1) Kesalahan penggunaan kata dalam karya tulis ilmiah berupa kata yang tidak baku, tidak cermat, dan tidak hemat. (2) Kalimat yang tidak efektif karena tidak sepadan, tidak paralel, tidak hemat, dan tidak cermat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 21, 2021
How to Cite
SUTARMA, I Gusti Putu; JENDRA, I Wayan. ANALISIS PENGGUNAAN KOSA KATA DAN KALIMAT EFEKTIF DALAM KARYA TULIS MAHASISWA JURUSAN PARIWISATA, POLITEKNIK NEGERI BALI. Proceedings, [S.l.], p. 25-41, may 2021. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2556>. Date accessed: 27 oct. 2021.