PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS ANALISIS FIKSI SEJARAH

  • Katarina Retno Triwidayati Universitas Katolik Musi Charitas

Abstract

Pembelajaran pada masa pandemi ini dilaksanakan dengan menggunakan konsep pembelajaran jarak jauh. Dalam pelaksanaannya, pendidik tetap perlu melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan pendekatan yang digunakannya. Bahasa Indonesia dilaksanakan dengan mengacu pada pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan. Salah satunya adalah pendekatan berbasis teks/ genre based approach. Pada pembelajaran berbasis teks ini, pendidik dapat menggunakan beragam teks untuk menjadi dasar pembelajaran bahasa. Di sisi lain, pelaksanaan pembelajaran bahasa juga melibatkan pembelajaran sastra. Artinya pembelajaran sastra lesap atau terintegrasi dalam pembelajaran bahasa. Salah satu teks yang dapat digunakan untuk mengakomodir pembelajaran bahasa dan sastra adalah teks fiksi sejarah. Makalah ini memaparkan hasil analisis fiksi sejarah, yaitu buku kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu. Teks cerpen dalam buku tersebut dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran berbasis teks. Makalah ini merekomendasikan alur pembelajaran berbasis teks dengan menggunakan teks utama fiksi sejarah. Kegiatan pembelajaran yang direkomendasikan tersebut melibatkan pendekatan pembelajaran saintific, pembelajaran bahasa menggunakan pendekatan analisis wacana kritis, pembelajaran sastra menggunakan pendekatan struktural dan strukturalisme genetik, dan juga mata pelajaran terkait yaitu sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 21, 2021
How to Cite
TRIWIDAYATI, Katarina Retno. PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS ANALISIS FIKSI SEJARAH. Proceedings, [S.l.], p. 115-124, may 2021. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2563>. Date accessed: 27 oct. 2021.