EFEKTIVITAS METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ENGLISH FOR ROOM DIVISION OPERATION PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • I Nyoman Kanca Politeknik Negeri Bali
  • Gede Ginaya Politeknik Negeri Bali
  • Ni Nyoman Sri Astuti Politeknik Negeri Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar metode problem solving efektif pada hasil belajar bahasa Inggris semester III Program Studi Perhotelan, Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali pada masa pandemi covid-19. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya kesenangan mahasiswa pada mata pelajaran bahasa Inggris, strategi pembelajaran yang kurang tepat dan kurangnya pengembangan kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Peserta terdiri dari 60 (29 pria dan 31 perempuan) mahasiswa semester tiga Program Diploma 3, Perhotelan, Politeknik Negeri Bali tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui prosedur penelitian berbasis tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Melalui desain kuasi experimental, data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan paired t-tests dan mixed design ANCOVA untuk mengidentifikasi adanya peningkatan secara signifikan setelah pemberian tindakan. Selanjutnya, data kualitatif dianalisis berdasarkan hasil observasi selama berlangsungnya pemberian tindakan dan hasil dari pemberian kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta yang mendapatkan perlakuan, kompetensi komunikatif bahasa Inggrisnya meningkat secara signifikan, 63,05 pada kelompok kontrol dan 84,43 pada kelompok eksperimen [t = -23.485, p=.000] pada level of p<.05. Peningkatan tersebut juga diikuti dengan meningkatnya motivasi dan ketertarikan belajar mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa metode problem solving efektif digunakan pada mata kuliah English for Room Division.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 21, 2021
How to Cite
KANCA, I Nyoman; GINAYA, Gede; ASTUTI, Ni Nyoman Sri. EFEKTIVITAS METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ENGLISH FOR ROOM DIVISION OPERATION PADA MASA PANDEMI COVID-19. Proceedings, [S.l.], p. 164-177, may 2021. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2568>. Date accessed: 27 oct. 2021.