EFEKTIFITAS BUKU AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS KOMPETENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari Buku Ajar Bahasa Inggris Terapan berbasis kompetensi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada program studi D4 Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Sebagai sampelnya dipilih dua kelas yang mahasiswanya memperoleh hasil pretes yang hampir sama. Mahasiswa itu dikelompokkan menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pretes ini juga sekaligus digunakan sebagai dasar untuk mengetahui efektif atau tidaknya buku ajar dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian post tes control group design. Data berupa hasil belajar bahasa Inggris selama eksperimen diperoleh dengan menggunakan alat ukur berupa tes. Hasil tes selama eksperimen kemudian dihitung dan dibandingkan dengan hasil pretes untuk mengetahui efektifitas dari buku aja. Untuk mengetahui signifikansi efektifitas, hasil perhitungan ini dimasukan kedalam tabel kontingensi 2 x 2 lalu diuji dengan Chi Kwadrat dengan tingkat signifikansi 0,05.. Hasil uji Chi Kwadrat menunjukkan bahwa nilai x2 lebih tinggi dari pada nilai kritis x2. Nilai x2 hasil uji Chi Kwadrat adalah 7,487 sedangkan nilai kritis x2 pada tarap signifikansi 5% adalah 3,841. Hal ini berarti bahwa buku ajar secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris mahasiswa.