STRATEGI PENGEMBANGAN AIR TERJUN TEGENUNGAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA ALAM DI DESA KEMENUH, GIANYAR BALI

  • L.K. Herindiyah Kartika Yuni Kepariwisataan & perhotelan di STIPAR Triatma Jaya
  • Wyn Arta Artana Kepariwisataan & perhotelan di STIPAR Triatma Jaya

Abstract

Desa Kemenuh sudah terkenal di masyarakat, khususnya di dunia pariwisata. Desa ini sangat kaya akan potensi alam dan seni kerajinan terletak di Kabupaten Gianyar yang merupakan pusat kesenian dan kerajinan di Bali membuatnya mudah untuk dijangkau. Air terjun Tegenungan terletak di Desa Kemenuh sebagai objek wisata potensial yang sangat menarik. Pemerintah setempat baru-baru ini mengungkapkan kunjungan wisatawan yang semakin meningkat sejak tahun 2014.


Air terjun Tegenungan harus dikembangkan sebagai objek dan daya tarik wisata yang pada akhirnya mendatangkan manfaat bagi masyarakat setempat. Jalan-jalan masih rusak, area parkir masih belum dikelola dan dirawat dengan baik dan tidak adanya sistem registrasi yang jelas.


Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan wawancara mendalam kepada kepala desa, pihak pengelola, masyarakat dan pengunjung. Data yang ada diolah menggunakan teknik SWOT dengan menganalisis situasi kemudian digambarkan dalam suatu simpulan untuk merumuskan formula strategi pengelolaan.


Berdasarkan factor internal dan eksternal yang dimiliki oleh Air Terjun Tegenungan dapat dirumuskan strategi sebagai berikut: meningkatkan kebersihan, program promosi, membangun kerjasama dengan usaha perjalanan wisata dan mengelola fasilitas pendukung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 24, 2017
How to Cite
KARTIKA YUNI, L.K. Herindiyah; ARTA ARTANA, Wyn. STRATEGI PENGEMBANGAN AIR TERJUN TEGENUNGAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA ALAM DI DESA KEMENUH, GIANYAR BALI. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 259, feb. 2017. ISSN 2088-2262. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/214>. Date accessed: 17 apr. 2024.
Section
Articles