STRATEGI DIFERENSIASI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING DI SAVALI HOTEL PADANG

  • Wina Asty Program Studi Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi diferensiasi untuk menciptakan keunggulan bersaing Savali Hotel Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman (1994). Populasi penelitian meliputi top manajemen yaitu resident manajer, 15 responden karyawan Savali Hotel Padang, dan 25 responden pelanggan dari Savali Hotel Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi dimensional yang diciptakan meliputi diferensiasi produk dengan bentuk bangunan minimalis, gaya dan desain nuansa Bali dan Thailand. Dengan layanan diferensiasi yang enak dan diferensiasi pencitraan pola pikir dengan keramahtamahan sebagai prioritas. Dan memiliki kompetensi pribadi yang tinggi, didukung oleh lokasi yang strategis di pusat pemerintahan, kawasan wisata Padang dan pasar tradisional. Namun, diferensiasi yang diterapkan di Savali Hotel Padang tidak memiliki nilai karena tidak menciptakan keunggulan bersaing. Ini dibuktikan bahwa penurunan pendapatan Savali Hotel Padang dan pangsa pasar antara tahun 2011 dan 2012. Hal ini dapat disarankan bahwa agar lebih kreatif dan unik dalam meningkatkan diferensiasi layanan seperti penggunaan khas Minang sebagai kostim pakaian, kopi atau teh sore dan cindramata untuk tamu rombongan sebelum check-out, daya tarik budaya yang lebih berkesan dan promosi menarik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 27, 2017
How to Cite
ASTY, Wina. STRATEGI DIFERENSIASI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING DI SAVALI HOTEL PADANG. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 153, feb. 2017. ISSN 2088-2262. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/324>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles