TERJADINYA PERGESERAN BUDAYA PADA MASYARAKAT NELAYAN DAN PELAKU PARIWISATA SEBAGAI DAMPAK PEMBANGUNAN SISTEM CRAB, GROINT, DAN WALK WAY DI WILAYAH PANTAI SANUR DENPASAR BALI

  • I Nyoman Winia Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena budaya masyarakat nelayan dan praktisi pariwisata dalam pengembangan sistem crab, groint, dan walk way di wilayah pantai Sanur, Denpasar, Bali. Dari perspektif studi budaya, penelitian ini memperhatikan keadaan lapangan yang nyata dengan pendekatan karakter empiris yang berkaitan dengan resistensi masyarakat nelayan dan praktisi pariwisata yang masih sangat bimbang. Akhir-akhir ini, telah terjadi abrasi dari air laut yang mengakibatkan kerusakan struktur garis pantai. Upaya pemerintah untuk mengatasi garis pantai yang rusak dengan membangun sistem crab, groint, dan walk way itu tidak benar-benar disosialisasikan kepada masyarakat yang telah menyebabkan penolakan dan resistensi di kalangan masyarakat nelayan dan praktisi pariwisata terhadap investor yang mendapat izin dari pemerintah. Penelitian ini difokuskan pada Bagaimana efek budaya dan makna budaya dalam pengembangan sistem crab, groint, dan walk way di Pantai Sanur? Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya gesekan budaya sebagai sekilas dari pengembangan sistem sistem crab, groint, dan walk way dalam upaya mengatur pantai Sanur, sehingga gesekan terlihat dalam budaya mejukungan yang mulai pudar efek penampilan kapal atau serat perahu mekanis perahu sebagai penggerak, budaya Melasti yang terlihat sulit sepanjang pantai Sanur, karena saat ini sebagian besar dilakukan di area tertentu di pantai Sanur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 6, 2017
How to Cite
WINIA, I Nyoman. TERJADINYA PERGESERAN BUDAYA PADA MASYARAKAT NELAYAN DAN PELAKU PARIWISATA SEBAGAI DAMPAK PEMBANGUNAN SISTEM CRAB, GROINT, DAN WALK WAY DI WILAYAH PANTAI SANUR DENPASAR BALI. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 179, mar. 2017. ISSN 2088-2262. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/422>. Date accessed: 29 jan. 2023.
Section
Articles