ANALISIS KERUNTUHAN DINDING PENAHAN DAN PERENCANAAN PERKUATAN (STUDI KASUS KERUNTUHAN DINDING PENAHAN TANAH PADA PERUMAHAN ALANNA PRESTIGE BUIT KEROBOKAN BADUNG

  • I Nyoman Ramia Politeknik Neger Bali

Abstract

Dinding penahan adalah sebuah konstruksi yang dibangun untuk untuk mencegah terjadinya longsor.
Studi ini membahas tentang kemantapan dinding penahan pada badan jalan ditepi sungai pada perumahaan Alanna Prestige Muding Buit Kerobokan-Badung. Badan jalan yang terdapat pada perumahan sering dilalui oleh kendaraan berat pengangkut material selama proses pembangunan perumahan tersebut. Telah terjadi keruntuhan di tahun 2014, sehingga menimbulkan rasa takut pada penghuni perumahan di sekitarnya.


Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan analisis terhadap kemantapan dinding penahan pada saat sekarang
pada kondisi eksisitng dinding penahan tanah dengan pembebanan lalu lintas. Analisa ini menggunakan Methode tekanan horizontal pada tanah akibat beban permukaan. Berdasarkan hasil analisis kemantapan dinding penahan tanah tersebut diketahui bahwa angka keamanan yang terjadi lebih kecil dari 1,5. Untuk mencegah terjadinya keruntuhan yang lebih fatal, maka direncanakan konstruksi alternatif berupa perkuatan dengan barisan tiang dari tiang bor untuk mencapai angka kestabilan (Fs > 1,5).


Berdasarkan hasil yang diperoleh setelah dinding diperkuat dengan barisan tiang bor diperoleh angka
stabilitas terhadap guling, dan geser lebih besar dari 1,5 dan stabilitas terhadap daya dukungnya lebih kecil dari daya dukung tanah yang diijinkan. Sehingga dinding penahan aman terhadap bahaya kelongsoran.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2017
How to Cite
RAMIA, I Nyoman. ANALISIS KERUNTUHAN DINDING PENAHAN DAN PERENCANAAN PERKUATAN (STUDI KASUS KERUNTUHAN DINDING PENAHAN TANAH PADA PERUMAHAN ALANNA PRESTIGE BUIT KEROBOKAN BADUNG. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 127, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/106>. Date accessed: 21 feb. 2024.