SISTEM PENGAMANAN FILE DIGITAL MENGGUNAKAN WATERMARK LSB PADA APLIKASI TATA ARSIP PRIBADI DOSEN DI POLITEKNIK NEGERI BALI

  • I Ketut Gede Sudiartha

Abstract

Konversi dan migrasi data dari berkas fisik menjadi file digital dapat dilakukan dengan pemindaian (scaning), identifikasi (indexsing) serta pengelolaan (managing) terhadap file image dari hasil scaning terhadap berkas file kepegawaian. Penyalahgunaan berkas digital dapat terjadi berupa penggandaan dan penggunaan file tanpa seijin pemilik, manipulasi dokumen digital, maka perlu untuk mencari pemecahan masalah. Penambahan kode yang dibangun dari spesifikasi bit parity berkas itu sendiri dapat disimpan sebagai data autentifikasi setiap berkas. Dengan penambahan data autentifikasi dalam bentuk watermark, memberikan perlindungan dari manipulasi berkas sehingga penyalahgunaan dapat dikurangi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 22, 2017
How to Cite
SUDIARTHA, I Ketut Gede. SISTEM PENGAMANAN FILE DIGITAL MENGGUNAKAN WATERMARK LSB PADA APLIKASI TATA ARSIP PRIBADI DOSEN DI POLITEKNIK NEGERI BALI. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 137, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/108>. Date accessed: 21 feb. 2024.