SEGMENTASI SEL DARAH PUTIH PADA CITRA DARAH MIKROSKOPIS

  • Indah Susilawati Universitas Mercu Buana

Abstract

Analisis darah manusia sangat penting terutama terkait dengan diagnosa suatu penyakit. Rumah sakit atau laboratorium melakukan analisis darah dengan akurasi yang sangat baik namun kekurangannya terletak pada prosesnya yang lambat dan akurasinya menjadi tidak terstandarisasi karena sangat tergantung pada tingkat keahlian/pengalaman operator dan juga tingkat kelelahan. Pada penelitian ini dilakukan segmentasi sel darah putih pada citra darah mikroskopis yang berasal dari pasien sehat dan pasien ALL (Acute Lymphoblastic Leuchemia). Segmentasi dapat digunakan sebagi proses awal untuk analisis darah, misalnya analisis yang terkait penghitungan jumlah sel darah baik sel darah merah maupun sel darah putih.


Segmentasi sel darah putih pada citra darah mikroskopis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan algoritma-algoritma mendasar dalam teknik pengolahan citra, meliputi perbaikan kontras dan pengambangan. Proses akhir segmentasi dilakukan dengan perkalian secara element-wise antara citra darah mikroskopis aras keabuan dengan citra hasil pengambangan. Metode diuji menggunakan 40 citra darah mikroskopis dan secara keseluruhan metode segmentasi sel darah putih dalam penelitian ini mencapai kinerja setinggi 97,73%.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2017
How to Cite
SUSILAWATI, Indah. SEGMENTASI SEL DARAH PUTIH PADA CITRA DARAH MIKROSKOPIS. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 142, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/109>. Date accessed: 21 feb. 2024.