PENGARUH LOKASI ELEKTRODA BANTU PADA PENGUKURAN RESISTANSI PEMBUMIAN DENGAN METODA FALL OF POTENTIAL

  • I Ketut Suryawan Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Amerta Yasa Politeknik Negeri Bali

Abstract

Untuk mengetahui efektifitas elektroda pembumian diperlukan pengukuran resistansi pembumian dari
elektroda tersebut. Metode yang sangat mendasar dan umum digunakan untuk mengukur resistansi pembumian adalah metode fall of potential. Dengan metode ini diperlukan elektroda bantu yaitu elektroda arus dan elektroda tegangan. Penelitian ini dimaksudkan sebagai studi pendahuluan untuk mendapatkan prosedur pengukuran praktis. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik hasil ukur resistansi pembumian dengan lokasi elektroda bantu yang berbeda. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran resistansi pembumian dari batang elektroda tunggal dengan variasi kedalaman tanam elektroda pembumian, lokasi (jarak dan arah lintasan) penanaman elektroda arus, dan jarak dari elektroda tegangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil ukur pada lokasi
elektroda bantu yang berbeda. Pada elektroda pembumian yang semakin dalam/panjang, perbedaan nilai resistansi terbaik akan semakin kecil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 22, 2017
How to Cite
SURYAWAN, I Ketut; YASA, Kadek Amerta. PENGARUH LOKASI ELEKTRODA BANTU PADA PENGUKURAN RESISTANSI PEMBUMIAN DENGAN METODA FALL OF POTENTIAL. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 163, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/116>. Date accessed: 21 feb. 2024.