KAJIAN SEMPADAN DAS TUKAD AYUNG

  • I Gst. Lanang Made Parwita Politeknik Negeri Bali
  • Made Mudhina Politeknik Negeri Bali
  • IGA Dewi Paramita Politeknik Negeri Bali

Abstract

Tukad Ayung merupakan salah satu sungai besar yang mengalir di bagian Selatan Pulau Bali yang
melintasi empat Kabupaten/Kota Yaitu Kabupaten Bangli, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar serta Kota Denpasar. Pemanfaatan Tukad Ayung saat ini untuk berbagai keperluan yaitu Pertanian, air minum serta untuk Pariwisata. Dengan meningkatnya berbagai keperluan terhadap bebrbagai kawasan termasuk kawasan sungai maka sangat perlu sekali ditata mengenai wilayah sempadan sungai yang diatur baik secara teknis, perundang-undangan, sosial budaya serta faktor lingkungan.


Metode penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan melakukan pengambilan langsung ke
lapangan serta studi literatur dengan sumber data utama dari kantor Balai Wilayah Sungai Bali Penida. Data awal ini menjadi bahan dalam analisis untuk melahirkan beberapa rekomendasi terkait dengan penataan sempadan DAS Tukad Ayung.


Hasil analisis hujan rancangan dengan berbagai kala ulang dengan metode Log Pearson Type III
menunjukkan nilai R25 = 138,87 mm dan R50 = 150,66 mm. Sementara hasil banjir rancangan dengan metode Hidrograf satuan sintetik Nakayasu menunjukkan nilai Q25 = 405,95 m3/dt dan Q50 = 440,57 m3/dt. Berdasarkan penentuan secara teknis diperoleh sempadan Tukad Ayung didasarkan pada tebing tertinggi di kiri kanan sungai karena tidak menimbulkan luapan banjir. Berdasarkan peraturan perundangn-undangan maka sempadan sungai Ayung masuk kategori wilayah pedesaan. Berdasarkan aspek sosial budaya maka penentuan sempadan tidak boleh menggusur bangunan suci/beji yang ada di sekitar sungai. Dari aspek Lingkungan penentuan batas sempadan didasarkan pada kondisi flora dan fauna yang ada di wilayah DAS tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 22, 2017
How to Cite
PARWITA, I Gst. Lanang Made; MUDHINA, Made; PARAMITA, IGA Dewi. KAJIAN SEMPADAN DAS TUKAD AYUNG. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 169, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/117>. Date accessed: 21 feb. 2024.