RANCANG BANGUN ALAT BANTU PEMETIK BUAH SALAK

  • I Ketut Suherman Politeknik Negeri Bali
  • Achmad Wibolo Politeknik Negeri Bali

Abstract

Salak adalah tanaman tropis yang hanya tumbuh didaerah tropis dan banyak dinikmati oleh masyarakat. Buah salak juga banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Salak merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki ciri khas tersendiri yakni memiliki kulit seperti sisik ular. Pohon salak hampir tidak memiliki batang karena batangnya pendek dan hampir tidak keliatan disebabkan oleh ruas-ruasnya yang padat dan tertutup rapat oleh pelepah yang banyak terdapat duri-duri.


Tujuan perancangan alat bantu ini untuk mempermudah, mempercepat dan aman pada saat para petani memakai untuk memanen buah salak karena banyak terdapat duri-duri. Alat ini memiliki tiga rahang penjepit untuk memegang satu tandan buah salak serta menekan dengan menggunakan handle agar lebih praktis pada saat digunakan. Cara pemakaian alat ini sangat mudah, hanya menekan tuas atau handle lalu petani hanya memotong tangkai salak dengan menggunakan pisau besar, setelah itu petani dapat langsung menaruh satu tandan buah salak ke tempat yang telah disediakan.


Alat bantu pemetik buah salak ini masih belum maksimal, karena terbuat dari plat stainlees dengan tebal 1,5mm yang membuat alat bantu pemetik buah salak ini menjadi berat. Penulis menyarankan agar berhati-hati pada saat menggunakan alat tersebut sehingga lebih aman pada saat pengoperasiannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 22, 2017
How to Cite
SUHERMAN, I Ketut; WIBOLO, Achmad. RANCANG BANGUN ALAT BANTU PEMETIK BUAH SALAK. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 180, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/121>. Date accessed: 21 may 2022.