EVALUASI KINERJA AUTOMATIC WATER LEVEL RECORDER (AWLR) TUKAD MATI

  • I Gst. Lanang Made Parwita Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bali

Abstract

Automatic Water Level Recorder (AWLR) merupakan alat untuk mengetahui tinggi air yang ada pada suatu  ruas sungai yang nantinya dipakai sebagai dasar untuk mengetahui besarnya debit yang ada pada ruas sungai tersebut.  Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Badung telah  memasang AWLR pada ruas Tukad Mati yang lokasinya berada di Wilayah Kelurahan Legian.  Dari pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa AWLR yang ada saat ini tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja AWLR yang ada saat ini, sehingga bisa menghasilkan rekomendasi untuk pengembalian fungsi dari AWLR seperti sedia kala. Metode penelitian dilakukan dengan pengamatan langsung ke lapangan dan pengecekan perangkat baik perangkat keras maupun perangkat lunak dari AWLR tersebut.


                Analisis menunjukkan beberapa hal yang menyebabkan AWLR tidak bisa berfungsi secara maksimal, yaitu: posisi AWLR yang terletak pada belokan sungai, kemiringan sungai yang sangat datar, minimnya pemeliharaan banguan AWLR, dan tidak adanya pemeliharaan terhadap perangkat lunak AWLR. Hal yang direkomendasikan sesuai dengan kondisi AWLR adalah: pemindahan lokasi AWLR, pemebersihan sedimen dari sekitar  bangunan AWLR setiap selesai hujan atau secara reguler  seminggu sekali, pergantian baterai minimal 6 bulan sekali, dan penambahan penampang ganda pada sungai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 22, 2017
How to Cite
PARWITA, I Gst. Lanang Made. EVALUASI KINERJA AUTOMATIC WATER LEVEL RECORDER (AWLR) TUKAD MATI. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 143, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/141>. Date accessed: 21 sep. 2023.