Cron Job Technique pada Integrasi WLAN Controller Device dan Google Maps API Berbasis Website dalam Jaringan Indonesia Wifi

  • Febrian Wahyu Christanto Universitas Semarang
  • Rudiyanto Rudiyanto PT. Telkom Akses

Abstract

Monitoring terhadap suatu jaringan merupakan hal yang penting demi menunjang pelayanan terhadap pelanggan, termasuk diantaranya layanan akses internet melalui teknologi WLAN milik PT. Telkom yaitu Indonesia Wifi. PT. Telkom Akses adalah anak perusahaan PT. Telkom yang memiliki tugas untuk menjaga layanan Indonesia Wifi harus selalu dalam kondisi baik. Divisi Assurance sebagai salah satu unit bisnis pada PT. Telkom Akses memiliki tugas melakukan proses maintance service. Oleh sebab itu, divisi ini dituntut untuk selalu melakukan pemantauan terhadap layanan tersebut agar dapat dilakukan perbaikan dengan cepat jika ditemukan kerusakan. Namun masih terdapat kendala dalam menjalankan tugas tersebut sebab hasil pemantauan sistem monitoring saat ini masih diperoleh dengan mengunduh secara manual dari perangkat WLAN Controllers Device sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam perbaikan jaringan. Integrasi WLAN Controllers Device dan Google Maps API berbasis website menggunakan teknik Cron Job ini dibangun dengan menggunakan metodologi Rational Unified Process (RUP) sebagai metode pengembangan sistem. WLAN Controllers Device adalah pusat data monitoring dan Google Maps API sebagai tampilan pemantauan data jaringan melalui website yang kemudian akan diintegrasikan dengan teknik Cron Job untuk menghubungkan kedua sistem tersebut. Hasilnya sistem monitoring ini dapat mempermudah aliran data monitoring perangkat WLAN dengan cepat dan menghilangkan alur kerja yang kurang efektif hingga mencapai kurang lebih 30 persen, Selain itu, kecepatan dalam melakukan maintance service ke lokasi access point dengan down status meningkat sebesar 40 persen paska penggunaan sistem ini. Integrasi sistem ini diharapkan dapat membantu proses maintenance service layanan Indonesia Wifi dengan mempercepat pengolahan data kondisi perangkat WLAN.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 31, 2020
How to Cite
CHRISTANTO, Febrian Wahyu; RUDIYANTO, Rudiyanto. Cron Job Technique pada Integrasi WLAN Controller Device dan Google Maps API Berbasis Website dalam Jaringan Indonesia Wifi. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 50-57, july 2020. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/1477>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.31940/matrix.v10i2.1477.