MULTIPLIER EFFECT PEMBANGUNAN UNDERPASS GATOT SUBROTO DENPASAR TERHADAP KELAYAKAN EKONOMI

  • I Gusti Agung Istri Mas Pertiwi Politeknik Negeri Bali
  • Ni Wayan Sri Kristinayanti Politeknik Negeri Bali

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat sektor ekonomi lokal dapat memberikan kontribusi yang lebih baik pada penambahan pendapatan yang timbul akibat penambahan pengeluaran penduduk dalam lingkup ekonomi daerah setelah adanya proyek peningkatan jalan underpass Gatot Subroto. Semua perubahan pengeluaran penduduk, akan mempengaruhi tingkat pendapatan, ketenagakerjaan, dan penerimaan pemerintah. Rasio perubahan dalam masing-masing variabel di atas akibat perubahan tersebut disebut multiplier, atau dengan kata lain, multiplier merupakan rasio perubahan masing-masing variabel terhadap perubahan pengeluaran penduduk.
Sebelum dilakukan analisa investasi terlebih dahulu diketahui komponen biaya yang diperhitungkan dalam perencanaan investasi dan perhitungan komponen manfaat dari pembangunan underpass Gatot Subroto. Ketika manfaat proyek peningkatan jalan seperti penghematan biaya operasi kendaraan dan penghematan nilai waktu yang secara langsung diperoleh dari pembangunan proyek tidak memberikan manfaat atau penghematan biaya melebihi jalan eksisting maka perlu diperhitungkan manfaat sekunder atau multiplier effect dalam kegiatan ini didasarkan pada sektor perdagangan yang mempunyai keterkaitan dan ketergantungan dalam satu komunitas ekonomi lokal.
Hasil penelitian untuk alternatif terpilih menunjukkan nilai Net Present Value (NPV) Rp 224,678,634,837.95 > 0, BCR = 2,635 > 1 dan IRR = 34,749% > MARR (18%), , maka proyek ini dinyatakan layak. Sedangkan pada
analisis sensitivitas nilai-nilai yang diperoleh jika biaya meningkat 20% dan manfaat menurun 20% adalah nilai Net Present Value (NPV) Rp 210,960,026,090.00 > 0, BCR = 2,21 > 1 dan IRR = 27,68% > MARR (18%),,
maka proyek ini dinyatakan layak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 18, 2017
How to Cite
PERTIWI, I Gusti Agung Istri Mas; KRISTINAYANTI, Ni Wayan Sri. MULTIPLIER EFFECT PEMBANGUNAN UNDERPASS GATOT SUBROTO DENPASAR TERHADAP KELAYAKAN EKONOMI. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 105, mar. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/470>. Date accessed: 17 apr. 2024.