MENENTUKAN ORIENTASI BATANG DIAGONAL PADA PERENCANAAN STRUKTUR RANGKA BATANG

  • I Wayan Suasira Politeknik Negeri Bali
  • I Made Tapayasa Politeknik Negeri Bali
  • Made Anom Santiana Politeknik Negeri Bali
  • Gede Sastra Wibawa Politeknik Negeri Bali

Abstract

Orientasi batang diagonal pada suatu konfigurasi rangka batang, akan mempengaruhi jumlah bahan
yang diperlukan dalam membentuk struktur rangka batang yang direncanakan. Hal ini disebabkan karena suatu orientasi tertentu pada batang diagonal akan memberikan respon yang berbeda dalam menerima beban, dibandingkan dengan orientasi yang lain. Empat alternatif konfigurasi rangka batang yang orientasi batang diagonalnya diubah-ubah dianalisis untuk mendapatkan jumlah bahan yang diperlukan dan besar lendutan yang terjadi di tengah bentang, akibat beban vertikal yang sama. Diperlukan upaya penataan konfigurasi rangka batang, khususnya dalam menentukan orientasi batang diagonal agar nantinya diperoleh jumlah pemakaian material yang optimum.
Dari keempat input alternatif tersebut. ternyata alternatif I menghasilkan jumlah bahan yang paling
sedikit, namun alternatif II mempunyai konfigurasi yang lebih kaku. Pilihan konfigurasi jatuh pada alternatif yang menggunakan bahan paling sedikit. Namun lendutannya tidak melebihi batas yang diperkenankan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 18, 2017
How to Cite
SUASIRA, I Wayan et al. MENENTUKAN ORIENTASI BATANG DIAGONAL PADA PERENCANAAN STRUKTUR RANGKA BATANG. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 39, mar. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/480>. Date accessed: 25 june 2024.