APLIKASI ERGONAMI PADA PROSES PENGELASAN LAS LISTRIK DI BENGKEL TEKNOLOGI MEKANIK POLITEKNIK NEGERI BALI

  • I Nyoman Sutarna

Abstract


Proses pengelasan listrik adalah proses pengelasan dengan menggunakan elektroda berselaput sebagai bahan tambah sumber panas dari tenaga arus. Dari aspek ergonomi yang perlu diperbaiki adalah intensitas cahaya dan aliran udara di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penurunan beban kerja, keluhan muskuloskeletal dan peningkatan produktivitas kerja pada mahasiswa.


                Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel 16 orang,  metode penelitian eksperimental menggunakan rancangan sama subjek (treatment by subjects design). Diuji dengan t-paired dengan taraf signifikan p<0,05.


Hasil menunjukkan terjadi perbedaan bermakna (p<0,05)  antara sebelum diperbaiki (PO) dan setelah diperbaiki (P1), beban kerjase besar 8,3 dpm, keluhanan musculoskeletal sebesar 5,3dan produktivitas kerja sebesar 0,6. Disimpulkan bahwa dengan memperbaiki kondisi tempat kerja dan lingkungan kerja dapat menurunkan beban kerja, keluhan muskuloskeletal dan meningkatkan produktivitas kerja mahasiswa. Disarankan kepada para pengambil kebijakan di bidang pendidikan vokasional agar memperhatikan kondisi alat dan fasilitas praktikum untuk lebih efektifnya pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 13, 2017
How to Cite
SUTARNA, I Nyoman. APLIKASI ERGONAMI PADA PROSES PENGELASAN LAS LISTRIK DI BENGKEL TEKNOLOGI MEKANIK POLITEKNIK NEGERI BALI. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 55, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/54>. Date accessed: 25 apr. 2024.