STUDI EKSPERIMENTAL ALIRAN UDARA TEKAN DAN ALIRAN UDARA HISAP TERHADAP BESARNYA PRESSURE DROP PADA ELBOW DUCTING DENGAN GUIDE VANES

  • A.A.N.B. Mulawarman Politeknik Negeri Bali

Abstract

Seperti kita ketahui sistem refrigerasi untuk menyalurkan udara dan ruangan yang akan dikondisikan
membutuhkan saluran yang disebut dengan duct. Udara ruangan dialirkan ke coil pendingin melalui return intake melewati return duct, air filter. Selanjutnya udara dihisap oleh blower, yang kemudian dialirkan ke evaporator. Melalui register box, udara yang telah dikondisikan dialirkan kembali ke ruangan Selama mengalir di dalam duct, udara mengalami hambatan. Salah satu faktor penghambat adalah perubahan arah aliran yang disebabkan adanya belokan. Hambatan yang terjadi pada elbow disebabkan oleh gesekan (friction loss) dan separasi aliran (separation loss). Tujuan penelitian ini adalah mengkaji fenomena aliran dengan Re = 3.824 x10^4 pada rectangular elbow berpengarah (guide vanes) untuk aliran udara tekan dan aliran hisap pada elbow saluran ducting.
Berdasarkan data hasil penelitian, pemasangan guide vanes mampu mengurangi penurunan tekanan aliran fluida saat melalui elbow. Pemasangan guide vanes dengan jumlah lima buah menghasilkan pressure drop terkecil yaitu 9,1%. Efisiensi yang terjadi akibat pemasangan guide vanes mencapai 27,6%.
pemasangan blower tekan dan hisap keduanya menunjukkan pengaruh yang hampir sama terhadap pressure drop.
Dapat disimpulkan bahwa pemasangan blower tekan dan hisap keduanya menunjukkan pengaruh
yang hampir sama terhadap pressure drop dan pemasangan guide vanes pada elbow dapat dijadikan suatu acuan dalam perancangan ducting sehingga dapat mengefisienkan pemakaian energi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 15, 2017
How to Cite
MULAWARMAN, A.A.N.B.. STUDI EKSPERIMENTAL ALIRAN UDARA TEKAN DAN ALIRAN UDARA HISAP TERHADAP BESARNYA PRESSURE DROP PADA ELBOW DUCTING DENGAN GUIDE VANES. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 47, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/92>. Date accessed: 01 july 2022.