ANALISIS POSITIONING PRODUK MIE INSTAN BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALI

  • I Gusti Agung Mas Krisna Komala Sari Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui merek mie instan yang paling diketahui dan diingat responden sebagai seorang konsumen dan mengetahui posisi (positioning) produk mie instan merek Indomie, Supermi , Mie Sedaap, Sarimi, Mie ABC berdasarkan persepsi mahasiswa Politeknik Negeri Bali terhadap atribut-atribut mie instan yang ditawarkan. Atribut tersebut meliputi kualitas mie, kuantitas mie, rasa dan bumbu, harga, kemasan, promosi, dan kemudahan memperoleh.


Berdasarkan hasil Top of Mind (TOM) diperoleh bahwa Indomie merupakan merek mie instan yang paling diketahui dan diingat responden sebagai seorang konsumen. Dengan menggunakan Multidimensional Scalling (MDS) diperoleh bahwa terdapat perbedaan posisi (positioning) masing-masing mie instan berdasarkan persepsi mahasiswa Politeknik Negeri Bali terhadap atribut-atribut mie instan yang ditawarkan. Dengan mengetahui posisi (positioning) masing-masing mie instan tersebut maka dapat diketahui kemiripan maupun ketakmiripan antar merek mie instan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 13, 2017
How to Cite
KRISNA KOMALA SARI, I Gusti Agung Mas. ANALISIS POSITIONING PRODUK MIE INSTAN BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALI. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 2 Juli, p. 138, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/47>. Date accessed: 29 mar. 2024.