KUALITAS PELAYANAN PRIMA TERHADAP KLAIMEN ASURANSI KECELAKAANPADA PT JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG BALI

  • Anak Agung Ayu Mirah Kencanawati Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali
  • Sagung Mas Suryaniadi Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali
  • Ni Nyoman Supiatni Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali

Abstract

Pelayanan prima merupakan ujung tombak perusahaan. Dalam konsep  pelayanan prima  terdapat empat unsur pokok, yaitu:  kecepatan, ketepatan, keramahan, dan  kenyamanan. Semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan yang dipersepsikan, maka semakin meningkat kepuasan masyarakat.


   Dimensi kualitas pelayanan jasa adalah Keandalan, daya tanggap , jaminan,empati, dan bukti fisik. Dimensi jaminan adalahkompetensi,kesopanan, kredibilitas, dimensi empati yaitu akses, komunikasi, dan pemahaman terhadap pelanggan.Bukti fisik berhubungan dengan penampilan fisik.


            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pencapaian kualitas pelayanan prima terhadap klaimen asuransi kecelakaan pada PT Jasa Raharja (Persero) dan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang masih perlu ditingkatkan terhadap klaimen asuransi kecelakaan pada PT Jasa Raharja (Persero). Jumlah responden79 orang dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.Kesimpulan dari pembahasan adalah kualitas pelayanan prima yang diberikan kepada klaimen PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Bali adalah “Baik” (berkualitas) dengan rata-rata (mean) sebesar 4,16. Kualitas pelayanan prima yang terbaik adalah keandalan yang memperoleh nilai paling tinggi dengan nilai rata-rata yaitu 4,23, sedangkan kualitas yang memiliki penilaian paling rendah adalah empati. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata  hanya sebesar 4,09 serta terdapat pula dua variabel yang masih perlu untuk ditingkatkan yaitu dimensi daya tanggap yang hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,97 dan dimensi empati yang juga memperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 3,97

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 23, 2017
How to Cite
AYU MIRAH KENCANAWATI, Anak Agung; MAS SURYANIADI, Sagung; SUPIATNI, Ni Nyoman. KUALITAS PELAYANAN PRIMA TERHADAP KLAIMEN ASURANSI KECELAKAANPADA PT JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG BALI. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 11, n. 2 Juli, p. 142, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/161>. Date accessed: 01 july 2022.